Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Madiun


PENELITIAN

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Merdeka Madiun dikoordinir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Merdeka Madiun. Selain mengkoordinir, LPPM juga bertugas mengadministrasikan, memperlancar, dan mengoptimalkan seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan di lingkungan Universitas Merdeka Madiun, baik secara individual, kelompok, maupun dalam rangka kerjasama antar lembaga di luar kampus.

Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan penelitian bertujuan mengembangkan IPTEKS baik berupa pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, informasi, proses, rancang bangun, dan produk yang bermanfaat. Selain itu, kegiatan penelitian juga dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan layanan masyarakat, serta dalam rangka mewujudkan Universitas Merdeka Madiun sebagai Research University.

LPPM juga mengelola Publikasi Ilmiah :
Jurnal Agritek ISSN : 1411-5336

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian, analisis kebijakan dan opini-opini yang berhubungan dengan pertanian, teknik sipil, dan mesin otomotif dalam arti luas.

Jurnal Sosial ISSN : 1411-5344

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian, analisis kebijakan, dan opini yang berhubungan dengan hukum dan perundang-undangan, ekonomi, sosial dan pemerintahan dalam arti luas.

 

PENGABDIAN

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dikoordinir oleh LPPM. Kegiatan pengabdian masyarakat di Universitas Merdeka Madiun lebih ditujukan kepada pemanfaatan dan penyebarluasan hasil temuan dan inovasi agar terjadi transfer teknologi kepada masyarakat.

Dalam rangka mendukung kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, telah terbentuk jaringan kerja sama baik dengan pemerintah maupun lembaga swasta, di dalam maupun di luar negeri yang kesemuanya dilakukan dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh umpan balik dari masyarakat yang digunakan sebagai masukan dalam rangka meningkatkan dan menyempurnakan kegiatan akademik.