Potensi Unggulan

Desa Rejosari  Menyimpan  Potensi Dan Produk Unggulan yang diharap ...

Lihat Informasi

Rejosari Kawasan Sapi Potong

Sapi Potong merupakan salah satu ikon dari desa Rejosari. Banyak terdapat Lihat Informasi

Pesona Rejosari

Keindahan alam Rejosari menjadi daya tarik tersendiri yang akan memb ...

Lihat Informasi
yuth

Potensi Wisata

Banyak sekali potensi yang bisa dijadikan wisata di desa Rejosari.

Lihat Informasi
IMG_3850

Komoditi Utama

Komoditi Utama desa Rejosari adalah produk pertanian.

Lihat Informasi
IMG_1877

UMKM

Produk UMKM merupakan salah satu unggulan desa Rejosari.

Lihat Informasi
IMG_3862

Fasilitas Umum

Ada beberapa fasilitas umum yang ada di desa Rejosari.

Lihat Informasi

Profil

Rejosari adalah desa di kecamatan Kebonsari, Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini terbagi menjadi 5 dusun, yakni Watu Ompak, Bangunrejo , Serut Sewu, Jati, dan Kepuh Bener. Rejosari terletak di wilayah Madiun Selatan dan merupakan daerah pertanian, baik pertanian sawah dengan irigasi teknis, sawah tadah hujan, tanah pekarangan dan.lahan perkebunan. Salah satu komoditi unggulannya adalah pembibitan tanaman hortikultura seperti cabe, kacang-kacangan, tomat, dll.

1a

Desa Rejosari terletak diantara Koordinat Bujur : 111.475124 dan Koordinat Lintang : -7.720553, Berada di ketinggian 67 meter di atas permukaan laut .

Desa Rejosari salah satu dari 14 desa yang ada di Kecamatan Kebonsari yang terletak kurang lebih 3 km kearah Timur Laut dari Kecamatan Kebonsari, Rejosari mempunyai wilayah seluas : 462 ha dengan jumlah penduduk : ± 5442 dengan jumlah Kepala Keluarga : ± 1.706 dengan batas – batas wilayah sbb :

  • Sebelah Utara :     Desa Kedondong
  • Sebelah Timur :     Desa Balerejo dan Desa Kebonsari
  • Sebelah Selatan : Desa Mojorejo
  • Sebelah Barat :     Kecamatan Nguntoronadi

rejosariiCita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Rejosari merupakan arah kebijakan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM) yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Desa. Pernyataan Visi Desa Rejosari adalah :

“ TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN KUALITAS HASIL PERTANIAN DENGAN DIDUKUNG INFRASTRUKTUR PENUNJANG PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT.

        Desa Rejosari mempunyai banyak potensi unggulan , antara lain merupakan desa kawasan sapi potong dan pernah mengikuti lomba tingkat provinsi. Yaitu pernah mendapat juara 1 tingkat provinsi pada tahun 2015. Prestasi lainnya adalah Desa Rejosari melalui Kelompok Tani Agritama Makmur pernah mendapat juara 3 dari kategori gurame dan nila pada tahun 2013 tingkat provinsi Jawa Timur.

IMG_3753

          Suasana dan keindahan alam Rejosari menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat kita terpesona dan selalu merasa nyaman. Rejosari merupakan desa yang sangat ramah, desa yang penuh kebersamaan. Kita akan selalu merasa berada dirumah sendiri, membuat kita ingin selalu berkunjung kesana. Lahan persawahan dan ladang menjadi pemandangan tersendiri untuk bisa merasakan suasana pedesaan yang asri dan alami. Selain itu banyak sekali spot-spot menarik yang bisa dijadikan sebagai objek foto maupun tempat untuk menenangkan diri dan merasakan suasana yang alami.

      Pada tahun 2016 ini desa Rejosari juga akan mengikuti lomba P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera). Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkunagn untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya. Agenda-agenda yang dapat dilakukan antara lain meningkatkan kesehatan, pendidikan, pengetahuan, keterampilan dan peran serta wanita dalam kegiatan di desa. Selain itu desa Rejosari akan dijadikan sebagai contoh sebagai desa Siaga. Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan secara mandiri. Untuk itu banyak sekali program yang akan dilakukan oleh desa Rejosari dalam rangka memenuhi syarat menjadi desa Siaga. Salah satunya adalah melakukan kegiatan donor darah, posyandu balita, posyandu lansia, dll.

1

     Sarana dan prasarana di desa Rejosari cukup lengkap. Seperti sarana pendidikan yang terdiri dari gedung TK/Paud, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MAN, dan pesantren. Desa Rejosari merupakan salah satu desa yang agamis dan menjunjung tinggi adat istiadat. Terdapat banyak sekali masjid dan mushola yang bisa kita jumpai disetiap dusun. Salah satu keunggulan Rejosari adalah banyaknya UMKM dari berbagai jenis produk pertanian, peternakan, kehutanan, dll. UMKM yang ada mempunyai prospek yang sangat bagus untuk bisa terus dikembangkan sebagai salah satu penggerak dalam rangka mewujudkan visi desa Rejosari yang sejahtera. Desa Rejosari juga menyimpan potensi lain seperti potensi wisata religi, wisata alam juga wisata edukasi.