Si Kribo Pisang dan Nugget Tempe

Si Kribo Pisang

IMG_5903  

Si Kribo Pisang (Si Keripik Bonggol Pisang) adalah olahan makanan berupa keripik yang berasal dari bonggol pisang. Ternyata bonggol pisang yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan lagi menjadi bahan olahan makanan yang bernilai ekonomis. Desa Rejosari yang mayoritas adalah adalah lahan pertanian banyak sekali terdapat pohon pisang. Karena pohon pisang hanya sekali berbuah maka pohon pisang tersebut akan mati, dan tidak terpakai lagi dan hanya menjadi limbah. Untuk itu kami dari kelompok kkn unmer madiun desa rejosari mencoba memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk memanfaatkan limbah pisang tersebut. Berikut bahan dan cara pembuatan kripik bonggol pisang :

IMG_5928 IMG_5926

Bahan : 1 buah bonggol pisang kepok

Tepung beras, kanji, baking powder, bumbu penyedap, Santan, dan air, minyak, Kunir, bawang putih dan ketumbar, 2 butir telur.

Alat : Baskom, Wajan dan penggorengan, Kompor, Piring, sendok.

Cara Pembuatan : Pertama Iris tipis – tipis bonggol pisang, kemudian rendam bonggol pisang yang te;lah selesai di iris menggunakan air dan garam selama satu malam.Namun setiap 6 jam sekali ganti air dan garam. Setelah proses tersebut terlalui siapkan bahan di antaranya : Kunir secukupnya, ketumbar secukupnya, bawang putih secukunya dan garam secukupnya.Kemudian tumbuk dengan halus.IMG_5921 IMG_5926Setelah halus kocok telur di wadah yang berbeda agar tercampur kuning telur dan putihnya.Setelah itu masukan semua bahan yang telah di tumbuk dalam baskom bersama dengan tepung beras dan kanji beserta santan dan telur yang sudah tercampur.Aduk hingga rata atau tercampur. Kemudian masukkan bonggol pisang yang telah di tiriskan kedalam baskom yang berisi adonan. Siapkan Wajan dan kompor kemudian panaskan minyak. Setelah panas masukkan bonggol pisang dan kemudian goreng. penggorengan dilakukan 2x. Pertama setengah jadi ketika keripik belum matang sekali di angkat yang kedua setelah di angkat tunggu sampai dingin kemudian goreng lagi keripik agar terjaga kerenyahannya.Setelah itu angkat keripik ketika sudah berwarna kekuningan. Kemudian sajikan dan siap untuk di sajikan.

Manfaat keripik bonggol pisang : Dapat mencegah penyakit jantung, Diabetes dan melancarakan sistem pencernaan dalam tubuh.

===========================================================================================

Nugget Tempe

IMG_20160903_095755

Bahan : Tempe 2 papan, 2 butir telur, Ayam seperempat, Daun pre, Wortel, Roti tawar, Keju, dan jagung manis beserta minyak goreng, tepung panir

Alat : Kompor, wajan dan pengaduk, piring, mangkok, sendok, Panci.

IMG_5892

Cara Pembutan : Potong tempe dalam bentuk dadu kemudian kukus tempe selama 15 menit. Setelah di kukus haluskan tempe. Kemudian siapkan bahan lainya seperti wortel yang di parut, bawang pre yang di potong – potong, jagung manis yang di parut, keju yang di parut Ayam yang di iris atau dilembutkan.Kemudian campur semua bahan yang sudah siap kemudian masukkan semua jadi satu di mangkok kemudian di campur sampai rata dan masukkan bumbu penyedap dan aduk jadi satu sampai rata. IMG_5890Dan bentuk bulat – bulat kemudian siapkan panci dan kukusannya.Setelah mendidih air dalam panci masukkan nuget dalam kukusan yang ada di panci. Tunggu sampai 45 menit. Kemudian setelah itu siapkan wajan untuk menggoreng lalu masukkan nuget ynag sudah di masukkan pada telur yang sudah di kocok kemudian masukkan ke tepung panir dan  ketika minyak sudah panas goreng nuget sampai berwarna kekuningan dan angkat kemudian tiriskan siap untuk di sajikan.

Manfaat Nuget : Sebagai alternatif pangan.