Kelompok Tani

                       Pengertian adalah Kelompok tani adalah beberapa orang petani atau peternak yang menghimpun diri dalam suatu kelompok karena memiliki keserasian dalam tujuan, motif, dan minat. Kelompok tani dibentuk berdasarkan surat keputusan dan dibentuk dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antarpetani. Surat keputusan tersebut dilengkapi dengan ketentuan-ketentuan untuk memonitor atau mengevaluasi kinerja kelompok tani.  Kinerja tersebutlah yang akan menentukan tingkat kemampuan kelompok.  Penilaian kinerja kelompok tani didasarkan pada SK Mentan No. 41/Kpts/OT. 210/1992. Fungsi kelompok tani adalah:

– Menciptakan tata cara penggunaan sumber daya yang ada

– Sebagai media atau alat pembangunan

– Membangun kesadaran anggota petani untuk menjalankan mandat yang diamanatkan oleh kelompok

                    Pemberdayaan kelompok tani merupakan sebuah model pemberdayaan yang arah pembangunan berpihak pada rakyat. Kelompok tani pada dasarnya sebagai pelaku utama pembangunan di pedesaan. Kelompok tani dapat memainkan peran tunggal maupun ganda, seperti penyediaan ] usaha tani, penyediaan air irigasi, penyediaan modal, penyediaan informasi, serta pemasaran hasil secara kolektif. Peran kelompok tani merupakan gambaran tentang kegiatan-kegiatan kelompok tani yang yang dikelola berdasarkan persetujuan anggotanya. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berdasarkan jenis usaha, atau unsur-unsur subsistem agribisnis, seperti pengadaan sarana produksi, pemasaran, dan sebagainya. Pemilihan kegiatan kelompok tani ini berdasarkan pada kesamaan kepentingan, sumber daya alam, sosial ekonomi dan lain sebagainya.

IMG_20160819_101419(1)

              Di desa Rejosari terdapat 5 kelompok tani yang berada disetiap dusun. Setiap kelompok tani mempunyai pengurus yang berjumlah 6 orang. Salah satu kelompok tani yang cukup terkenal adalah kelompok tani Agritama Mandiri yang berada di dusun Serut Sewu. Agritama Mandiri didirikan pada tahun 2004. Saat itu kelompok tani ini hanya mengelola ternak sapi saja. Lalu pada tahun 2008 Agritama Mandiri mengembangkan ternak lain yaitu budidaya ternak ikan gurame dengan nama Kelompok Tani Agritama Makmur . Kelompok Tani Agritama Makmur diketuai oleh Ibu Siti Fatimah dan Pak Masrun sebagai sekretarisnya. Kelompok tani ini mempunyai anggota yang berjumlah 22 orang. Dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari, ada seorang anak kandang yang bertugas untuk melakukan pemeliharaan. Baik itu memberi makan, membersihkan kandang, maupun memberikan nutrisi tambahan untuk ternak-ternak tersebut. Saat ini ada sekitar 14 ekor sapi yang dikelola oleh kelompok tani Agritama Mandiri.

IMG_1804

                Kelompok Tani lainnya adalah kelompok Tani Maju yang berada di dusun Kepuh Bener. Pengurus Kelompok Tani ini  adalah Bapak Choiri sebagai ketua, Bapak Teguh Wiyono sebagai Sekretaris, dan Bapak Sutris sebagai bendahara. Kelompok Tani Maju berdiri pada tahun 2005 dan mempunyai anggota berjumlah 50 orang. Kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan pertemuan setiap satu bulan sekali pada minggu terakhir di rumah para anggota secara bergiliran. Pertemuan ini dilakukan bertujuan untuk berdiskusi tentang permasalahan yang terjadi. Permasalah itu antara lain keluhan-keluhan mengenai hama/penyakit tanaman, pengairan, pupuk, dll. Kelompok Tani Maju juga mendapat beberapa bantuan dari pemerintah berupa alat, diantaranya adalah mesin bajak (1 unit), mesin multiguna untuk perontok jagung atau padi (1 unit), dan hand sprayer. Bantuan lain berupa pupuk bersubsidi yang diberikan tiap musim tanam (2-3 kali setahun). Tanaman-tanaman yang dikelola antara lain jagung, padi dan kacang. Pemasaran hasil produk pertanian biasanya langsung dijual oleh tiap anggotanya ataupula bisa ditampung oleh anggota yang lain.

          Selain mempunyai kelompok tani disetiap dusun, Rejosari juga mempunyai Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Gabungan kelompok tani (Gapoktan) adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Peningkatan kemampuan Gapoktan dimaksudkan agar dapat berfungsi sebagai unit usaha tani, unit usaha pengolahan, unit usaha sarana dan prasarana produksi, unit usaha pemasaran dan unit usaha keuangan mikro serta unit jasa penunjang lainnya sehingga menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri. Pengurus gabungan kelompok tani desa Rejosari adalah Bapak Anas sebagai ketua, Bapak Edi Haryanto sebagai,dan Bapak Ir Suwito sebagai bendahara. Gapoktan Rejosari merupakan gabungan dari kelompok tani setiap dusun di Rejosari. Gapoktan desa Rejosari berdiri pada tahun 2006 dan mempunyai jumlah anggota keseluruhan sekitar 350 orang. Kegiatan yang dilakukan antara lain mengadakan rapat untuk membahas tentang masalah atau hambatan yang dihadapi oleh para petani. Selain itu Gapoktan desa Rejosari ini juga sering mengikuti beberapa lomba pertanian di tingkat kabupaten. Dan juga mengadakan pameran tentang produk/hasil pertanian dari seluruh desa Rejosari.