Potensi Unggulan

Desa Rejosari  Menyimpan  Potensi Dan Produk Unggulan yang diharapkan mampu menjadikannya sebagai desa percontohan dalam hal mengembangkan pertanian dan peternakan.

   Salah satunya adalah potensi dari sektor pertanian berupa pembibitan tanaman-tanaman yang merupakan salah satu produk unggulan desa.

IMG_3905

Bibit Tomat

 IMG_1967Tercatat banyak sekali terdapat usaha pembibitan ini. Tersebar di beberapa dusun terutama di dusun Bangunrejo atau Ngujur hampir disepanjang jalan kita dapat menemukannya. Bibit yang di kembangkan berbagai jenis sayuran seperti cabai, tomat, terong, jeruk, dll. Pemasarannya produk ini selain di kawasan setempat juga sudah mencapai ke luar kabupaten Madiun. Orang-orang bisa langsung datang dan membeli bibit-bibit tersebut atau juga bisa memesan bibit sesuai dengan jenis dan jumlah yang kita inginkan. Proses pembibitan pun cukup mudah dan cepat. Mulai dari menyiapkan polibek kecil, lalu mengisinya dengan tanah subur  yang sudah dicampur dengan pupuk lalu ditaruh biji disetiap polibek. Selanjutnya biji-biji tersebut dimasukkan dalam tanah menggunakan batang bambu atau kayu kecil. Setelah disiram dengan air kemudian ditutup dengan terpal/plastik. Kurang lebih satu minggu biji-biji yang dimasukkan kedalam polibek akan tumbuh dan selanjutnya akan dirawat sampai bibit siap untuk dijual. Cara lain adalah dengan cara lagsung menebarkan benih atau biji kedalam kotak yang berisi tanah. Selanjutnya jika benih sudah tumbuh bisa langsung dipindah ke polibek atau langsung ditanam.

 

benih

tumbuhi

Proses Pembibitan