Profil

 

 

Visi

Menjadi Program Studi yang menghasilkan sumber daya manusia di bidang Teknik Sipil yang unggul, inovatif dan berwawasan lingkungan.

MisiĀ 

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran di bidang Teknik Sipil yang dalam suasana akademik yang kondusif.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Teknik Sipil yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan.
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di bidang Teknik Sipil untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Universitas Merdeka Madiun merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi yang mempunyai tugas untuk melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.
Berdasarkan akta Nomor 55 tanggal 30 Juni 1979 tentang pendirian Yayasan Pendidikan Tinggi Merdeka Madiun (YAPERTIMMA), keberadaan Universitas Merdeka Madiun pada awalnya merupakan Cabang Universitas Merdeka Malang di Madiun yang bertujuan untuk memberikan tempat dan kesempatan bagi para pemuda di kawasan Madiun dan sekitarnya yang memiliki kemauan untuk mengenyam pendidikan tinggi namun menghadapi berbagai kendala khususnya terkait biaya pendidikan dan lokasi.

Gagasan untuk menyediakan sarana pendidikan yang dekat dan murah muncul dari Drs. Samiarto Laksono yang kala itu menjabat sebagai Pembantu Gubernur di Madiun. Latar belakang dan pengalaman sebagai pendidik yang pernah menjabat sebagai Ketua Akademi Pemerintahan Dalam Negeri di Malang membuat Drs. Samiarto Laksono terdorong niatnya untuk memprakarsai dan merintis pendirian perguruan tinggi di Madiun.

Pada awal pendirian Cabang Universitas Merdeka Malang di Madiun hanya terdapat 2 (dua) Fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian yang mulai menerima mahasiswa pada tahun akademik 1979/1980. Proses pendaftaran mahasiswa dilakukan di Gedung Pertemuan Kantor Pembantu Gubernur Jatim di Madiun, pembayaran biaya kuliah di lakukan di BPD Jatim Cabang Madiun, dan tes masuk bagi calon mahasiswa dilakukan di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Madiun. Selanjutnya, sejak 1 Oktober 1979 dilaksanakan peresmian berdirinya Universitas Merdeka Koordinatorat Madiun dengan 4 (empat) Fakultas antara lain FISIP, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian. Pelaksanaan perkuliahan dilakukan secara terpencar-pencar dengan menggunakan fasilitas sarana prasarana dan gedung di instansi pemerintah dan sekolah-sekolah, antara lain perkuliahan mahasiswa FISIP di SMP Negeri 13 dan SMA Negeri 5 Madiun, perkuliahan Fakultas Ekonomi di Ruang Pertemuan Kantor Pembantu Gubernur Jatim di Madiun, perkuliahan Fakultas Hukum di SMA Negeri 5 Madiun, dan perkuliahan Fakultas Pertanian dilakukan di SPMA Jiwan Madiun. Sementara tenaga pengajar melibatkan para pejabat yang memiliki kepedulian pada pendidikan.
Berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang Nomor : Skep.02/YPTM/IX/1983 tanggal 18 Nopember 1983, Universitas Merdeka Madiun dinyatakan berdiri sendiri dan berinduk pada Kodam VIII/Brawijaya Jawa Timur

(sekarang Kodam V/Brawijaya).
Kini, Universitas Merdeka Madiun telah berkembang sedemikian rupa dan memiliki kampus sendiri yang berlokasi di Jalan Serayu Timur No. 79 Kelurahan pandean Kecamatan Taman Kota Madiun. Terdiri dari 5 Fakultas dan 11 Program Studi, antara lain :

  1. FISIP ( Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi)
  2. Fakultas Ekonomi (Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi)
  3. Fakultas Hukum (Ilmu Hukum)
  4. Fakultas Pertanian (Agroteknologi, D III Manajemen Hutan)
  5. Fakultas Teknik (Teknik Sipil, Teknik Mesin, D III Informatika)

Untuk Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, didirikan tahun 1985 Berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur No. 030/Q/1985 tanggal 14 Januari 1985 dan bernaung di bawah Universitas Merdeka Madiun. Program Studi Teknik Sipil telah terakreditasi berdasarkan SK.BAN.No.001/BAN-PT/Ak.-XII/SI/III/2009 Tgl. 14 Maret 2009.

Prodi Teknik Sendiri berada dibawah naungan Universitas Merdeka Madiun yang beralamatkan Jl. Serayu No. 79 Madiun 63133, Propinsi Jawa Timur.